BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pesatnya teknologi, terutama teknologi komputer sudah tak bisa dipungkiri lagi, bagi yang mengikuti perkembangannya, ia tidak akan dipandang sebelah mata. Sebaliknya, bagi yang tidak mengikuti perkembangannya, bersiaplah untuk mundur secara suka rela dari panggung kompetisi. Ibarat wabah, teknologi komputer sudah menyusupi hampir semua bidang kehidupan manusia. Dari pemerintah pusat sampai tingkat pemerintah desa, perusahaan-perusahaan, supermarket, minimarket, perguruan tinggi, SLTA, SLTP, bahkan SD hamper semuanya mengenal komputer.
Saat ini, yang mempunyai lingkungan yang semakin luas dan banyak diminati, juga dapat digunakan untuk menghasilkan uang adalah dunia pemrograman komputer. Dalam dunia pemrograman komputer, dikenal banyak bahasa pemrograman, seperti C, C++, Pascal, Basic, Java, dan lain-lain. Di antara banyaknya bahasa pemrograman, Java adalah salah satu yang paling diminati. Oleh karena itulah, yang akan dibahas dalam makalah ini adalah bahasa pemrograman Java.
B. TUJUAN
Makalah ini disusun dengan tujuan sebagai sarana untuk mengikuti pesatnya perkembangan teknologi komputer di masa sekarang ini, salah satunya di dunia pemrograman yang sekarang semakin banyak diminati. Selain itu, tujuan disusunnya makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Lab. Visual I, dikarenakan Penulis masih berstatus sebagai mahasiswa Jurusan Tehknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN JAVA
Java menurut definisi dari Sun adalah mana untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada computer stand alone ataupun pada lingkungan jaringan. Java 2 adalah generasi kedua dari java platform. Kata berdiri di atas sebuah mesin interpreter yang diberi mana Java Virtual Machine (JVM). JVM inilah yang akan membaca bytecode dalam file.class dari suatu program sebagai representasi langsung dari program yang berisi bahasa mesin. Oleh karena itu, bahasa java disebut sebagai bahasa pemrograman yang portable karena dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi, asalkan pada sistem operasi tersebut terdapat JVM. Agar sebuah program Java dapat dijalankan, maka file dengan ekstensi, java harus dikompilasi menjadi file bytecode. Untuk menjalankan bytecode tersebut dibutuhkan JRE (Java Runtime Environment) yang memungkinkan pemakai untuk menjalankan program Java, hanya menjalankan, tidak untuk membuat kode baru lagi. JRE berisi JVM dan library Java yang digunakan. Java memiliki beberapa versi library atau teknologi yang disebut juga sebagai edisi dari bahasa pemrograman Java. Tiga edisi utama dari library tersebut adalah Micro, Standard, dan Enterprise. J2ME (Java2 Micro Edition) merupakan edisi library yang dirancang untuk digunakan pada device tertententu seperti pagers dan mobile phone. J2SE (Java2 Standard Edition) merupakan edisi library yang dirancang untuk membuat aplikasi desktop atau applet pada web browser. J2EE (Java2 Enterprise Edition) merupakan edisi librari Java yang dirancang untuk membuat sebuah aplikasi enterprise yang memerlukan antarmuka dengan sumber data (data source) atau dapat pula dikatakan bahwa J2EE adalah kelompok yang lebih besar dengan J2SE di dalamnya.
B. SEJARAH JAVA
Bahasa Pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek inidimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang. Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai "*7" (Star Seven). Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto. Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer. Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java. Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995. Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape. Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja "bapak java", James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java". Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling
Pernyataan Switch
· Pernyataan Switch satu-satunya jenis pernyataan yang mengimplementasikan java multiway percabangan
v Ketika pernyataan switch dievaluasi, salah satu jumlah cabang pilihan yang berbeda untuk menjalankan cabang
v ditentukan dengan mengendalikan ekspresi yang ditutupi dalam kisaran waktu setelah kata kunci mengkonfirmasi switch
Ø ekspresi harus mengevaluasi ke char, int, pendek, atau byte.
· Setiap pernyataan cabang dalam sebuah pernyataan switch diawali dengan kata cadangan, diikuti oleh sebuah konstanta yang disebut label kasus, diikuti oleh titik dua, dan kemudian urutan laporan
v Setiap kasus harus diberi label dengan jenis kasus yang sama perlu mengendalikan ekspresi
v Label tidak terdaftar atau span interval lengkap,
v Tetapi masing-masing dapat terjadi sekali agar setiap laporan dapat diikuti dengan pernyataan istirahat (istirahat;)
· Mungkin juga ada bagian berlabel Default:
v default adalah opsional, dan biasanya berlangsung
v Bahkan jika kasus label termasuk semua hasil yang mungkin dalam sebuah pernyataan dari switch tertentu, itu masih merupakan praktik yang baik untuk menyertakan bagian default
Ø dapat digunakan untuk kesalahan output pesan, misalnya
· ketika mengendalikan ekspresi lalu dievaluasi, kode untuk label yang nilainya sesuai dengan kasus mengendalikan ekspresi dieksekusi
v Jika label tidak cocok dengan kasus ini, maka laporan hanya dilakukan oleh mereka dengan mengikuti label default (jika ada satu)
· Pernyataan Switch berakhir ketika menjalankan sebuah pernyataan istirahat, atau ketika akhir pernyataan switch dicapai
v ketika komputer menjalankan laporan setelah label kasus, terus sampai break tercapai
v jika melanggar diabaikan, maka setelah melaksanakan kode untuk satu kasus, komputer akan melanjutkan untuk mengeksekusi kode untuk kasus berikutnya
v Jika break tidak sengaja mengabaikan, compiler tidak akan mengeluarkan pesan kesalahan
Pernyataan Switch
switch (Controlling_Expression)
{
case Case_Label_1:
Statement_Sequence_1
break;
case Case_Label_2:
Statement_Sequence_2
break;
case Case_Label_n:
Statement_Sequence_n
break;
default:
Default_Statement Sequence
break;
}
Operator bersyarat
· operator Bersyarat adalah varian notational dari beberapa bentuk pernyataan istilah
v kata lain disebut juga operator ternary atau aritmetika , contoh
if (n1 > n2) max = n1;
else max = n2;
vs.
max = (n1 > n2) ? n1 : n2;
v Ekspresi di sebelah kanan operator penugasan adalah operator ekspresi dari ekspresi kondisional Boolean
v Jika benar, maka ekspresi dievaluasi ke nilai ungkapan pertama (n1), selain untuk mengevaluasi nilai dari ekspresi kedua (n2)
Ekspresi Boolean
· Ekspresi Boolean adalah ekspresi benar atau salah
· ekspresi Boolean yang paling sederhana untuk membandingkan nilai dari dua ekspresi <== myScore yourScore waktu batas
v Catatan bahwa Java menggunakan dua tanda sama dengan (==) untuk pengujian kesetaraan: A sama satu sign (=) digunakan hanya untuk tugas Ekspresi
v Boolean yang ditutupi dalam kurung tersebut tidak diperlukan, kecuali ia digunakan dalam pernyataan jika


Perangkap menggunakan string
v Kesetaraan operator perbandingan (==) dengan benar dapat menguji dua nilai dari tipe primitif,
v namun ketika diterapkan pada dua benda sebagai obyek uji String kelas == untuk melihat jika mereka disimpan dalam lokasi memori yang sama, bukan apakah atau tidak mereka memiliki
v Untuk sedikit nilai tes yang sama dua tali untuk melihat apakah mereka memiliki nilai yang sama, menggunakan metode yang serupa dengan, atau equalsIgnoreCase
string1.equals(string2)
string1.equalsIgnoreCase(string2)
Leksikografis dan urutan abjad
· Leksikografis server sama dengan ASCII server, termasuk huruf, angka, dan huruf besar lainnya
v Semua karakter dalam urutan abjad, dan huruf kecil semua dalam urutan abjad, tetapi huruf kapital semua datang sebelum huruf kecil
v Jika s1 dan s2 adalah dua variabel jenis String yang telah diberi nilai String, kemudian s1.compareTo (s2) return angka negatif jika datang sebelum s1 s2 dalam rangka leksikografis, kembali nol jika kedua string sama, dan kembali angka positif jika s1 s2
· Ketika datang sebelum melakukan perbandingan alfabet dari string (bukan perbandingan leksikografis), yang terdiri atas campuran huruf kecil dan huruf besar, gunakan metode tidak compareToIgnoreCase
Membuat ekspresi Boolean
· Ketika dua ekspresi yang dikombinasikan dengan menggunakan Boolean "dan" (& &) operator, seluruh ekspresi benar memberikan dua ekspresi benar
v jika ekspresi salah
· Ketika dua ekspresi yang dikombinasikan dengan menggunakan Boolean "atau" (| |) operator, yang seluruh ekspresi benar selama satu ekspresi yang benar
v dari istilah ini adalah salah hanya jika kedua ekspresi palsu
· Setiap ekspresi Boolean dapat menegasikan menggunakan!
v Tempat operator ekspresi dalam tanda kurung dan tempat!
· Tidak seperti operator di depan notasi matematika, string dari pertidaksamaan harus bergabung oleh & &
v Gunakan (min <hasil) & & (hasil <max) daripada min <hasil <maks
Evaluasi Ekspresi Boolean
· Meskipun ekspresi Boolean yang digunakan untuk mengontrol cabang dan laporan loop, ekspresi Boolean dapat eksis secara independen atau variable
v Boolean dapat diberikan nilai ekspresi Boolean menggunakan
· Boolean Expression tugas laporan dapat dievaluasi dengan cara yang sama bahwa ekspresi aritmatika dievaluasi
v Satu-satunya perbedaan adalah bahwa ekspresi aritmatika menghasilkan sejumlah sebagai hasilnya, sementara ekspresi Boolean menghasilkan baik benar atau salah sebagai akibatnya mereka
boolean madeIt = (time < limit) && (limit < max);
Truth Tables

Hubungan singkat dan Evaluasi lengkap
· Java dapat mengambil jalan pintas ketika mengevaluasi bagian pertama dari ekspresi Boolean hasil dari bagian kedua bahwa evaluasi tidak dapat mengubah
· disebut sirkuit evaluasi singkat atau evaluasi malas,
v misalnya, ketika mengevaluasi dua subexpressions Boolean bergabung oleh & &, jika yang pertama subexpression mengevaluasi ke false, maka ekspresi akan mengevaluasi seluruh ke false, tidak peduli nilai subexpression
v kedua cara itu, ketika mengevaluasi dua subexpressions bergabung dengan Boolean | |, jika subexpression pertama mengevaluasi true, maka ekspresi akan mengevaluasi seluruh menjadi true
· Ada saat-saat ketika menggunakan evaluasi hubung singkat dapat mencegah kesalahan runtime
v contoh berikut, jika jumlah anak-anak adalah sama dengan nol, maka subexpression kedua tidak akan dievaluasi, sehingga mencegah membagi dengan nol kesalahan
v Perhatikan bahwa urutan terbalik dari subexpressions tidak akan mencegah hal ini
if ((kids !=0) && ((toys/kids) >=2)) . . .
· Kadang-kadang lebih baik untuk selalu mengevaluasi kedua ekspresi, yaitu permintaan untuk evaluasi yang lengkap
v Dalam hal ini, menggunakan & dan | operator daripada & & dan | |
Pendahuluan dan peraturan Associativity
· Boolean dan ekspresi aritmatika tidak perlu sepenuhnya kurung
· Jika beberapa atau semua tanda kurung dihapus, Java akan mengikuti preseden dan aturan associativity (diringkas dalam tabel berikut) untuk menentukan urutan operasi
v jika satu operator terjadi lebih tinggi dalam tabel dari siapapun lain, memiliki hak yang lebih tinggi dan dikelompokkan dengan operan sebelum hak operator rendah
v Jika dua operator memiliki hak yang sama, maka aturan associativity untuk menentukan yang dikelompokkan pertama

mengevaluasi ekspresi
· Secara umum, kurung dalam ekspresi dapat untuk membantu dokumen programmer
v Daripada mengandalkan aturan protokoler dan associativity, yang terbaik adalah memasukkan tanda kurung siku, kecuali arti yang diinginkan jelas
· Binding: Hubungan dari operan dengan operator mereka
v ekspresi kurung menyelesaikan dan sepenuhnya mengikat untuk semua operator dalam ekspresi
· Side Effects: Bila, selain untuk nilai-nilai, ekspresi mengubah sesuatu, seperti nilai-nilai dari variable
v tugas, meningkatkan dan operator penurunan semua menghasilkan efek samping
Aturan untuk mengevaluasi ekspresi
· Tentukan setara
v sepenuhnya melakukan ekspresi mengikat menggunakan kurung yang benar dan aturan associativity
· Prosiding kiri ke kanan, mengevaluasi apa yang bisa segera dievaluasi subexpressions
v subexpressions atau metode argumen, misalnya, evaluasi konstan atau variabel numerik
· untuk setiap operasi asing dan metode permintaan sesegera semua operator (argumen yaitu) telah dievaluasi
Pengulangan
· Loop di Java sama dengan dalam bahasa tingkat tinggi lain
· java memiliki tiga jenis laporan loop: Sementara itu, sementara agenda, dan melaporkan
v kode berulang dalam satu lingkaran loop disebut tubuh disebut tubuh
v masing-masing loop-loop iterasi putaran
Pernyataan While
· Sebuah pernyataan yang sementara digunakan untuk mengulang bagian dari kode tersebut (yaitu, tubuh loop) berdasarkan evaluasi ekspresi
v ekspresi Boolean Boolean diperiksa sebelum tubuh loop dijalankan
Ø ketika salah, tubuh loop tidak dijalankan sama sekali
v sebelum pelaksanaan setiap loop iterasi berikut tubuh, ekspresi Boolean diperiksa kembali
Ø Jika itu benar, tubuh loop dijalankan lagi
Ø Jika salah, pernyataan itu mengakhiri loop
v tubuh loop dapat terdiri dari sebuah pernyataan tunggal, atau pernyataan yang ditutupi dalam sepasang kurung (())

Pernyataan Do- while
· Do- while pernyataan yang digunakan untuk menjalankan beberapa kode (misalnya, tubuh loop), kemudian ulangi berdasarkan evaluasi ekspresi Boolean
v dari tubuh loop dieksekusi sedikitnya satu kali dalam ekspresi
Ø Boolean diperiksa setelah tubuh loop dijalankan adalah
· ekspresi Boolean diperiksa setelah setiap iterasi dari tubuh loop
v Jika benar, tubuh loop dijalankan lagi
v Jika palsu, pernyataan loop ujung
v Jangan lupa untuk meletakkan titik koma setelah ekspresi Boolean
· Sebagai laporan sementara, tubuh loop dapat terdiri dari pernyataan tunggal, atau pernyataan yang ditutupi dalam sepasang tanda kurung (())

Algoritma dan kode pseudo
· Bagian yang sulit untuk memecahkan masalah dengan program komputer tidak berurusan dengan aturan sintaks bahasa pemrograman
· Sebaliknya, ia datang dengan metode solusi yang mendasari adalah bagian paling sulit
· algoritma adalah satu set instruksi yang tepat yang mengarah ke solusi
v algoritma biasanya ditulis dalam pseudo, yang merupakan campuran bahasa pemrograman dan bahasa manusia, seperti bahasa Inggris
v Pseudocode harus tepat dan cukup jelas sehingga seorang programmer yang baik dapat dikonversi menjadi sintaktis kode yang benar,
v bagaimanapun, adalah jauh lebih kaku daripada kode pseudo : Orang tidak perlu khawatir tentang poin sintaksis atau negara bagian variabel, misalnya
Pernyataan For
· Untuk klaim yang paling sering digunakan untuk langkah melalui variabel integer tahap yang sama
· diawali dengan kata kunci for, diikuti dengan tiga ekspresi dalam kurung yang menjelaskan apa yang harus dilakukan dengan satu atau lebih variabel untuk mengontrol
v ekspresi pertama memberitahu bagaimana variabel kontrol atau variabel diinisialisasi atau dideklarasikan dan diinisialisasi sebelum iterasi pertama
v ekspresi kedua menentukan waktu loop harus berakhir, berdasarkan evaluasi ekspresi Boolean sebelum setiap iterasi
v ekspresi ketiga menceritakan bagaimana variabel kontrol atau variabel akan diperbarui setelah setiap tubuh loop iterasi
Pernyataan syntax for
for (inisialisasi; Boolean_Expression; Update) Badan
· Pengawas dapat terdiri dari pernyataan tunggal atau daftar laporan tertutup dalam sepasang tanda kurung (())
· Perhatikan bahwa tiga ekspresi kontrol dipisahkan oleh dua,, bukan tiga titik koma
· Perhatikan bahwa ada tidak ada titik koma setelah kurung tutup pada awal loop



Tanda koma dari pernyataan for
· for loop dapat berisi beberapa inisialisasi tindakan dipisahkan oleh koma
v Perhatian harus digunakan ketika menggabungkan sebuah deklarasi dengan beberapa tindakan
v ini ilegal untuk menggabungkan beberapa jenis deklarasi dengan beberapa tindakan, seperti
v Untuk menghindari masalah yang mungkin, yang terbaik adalah untuk menyatakan semua variabel luar pernyataan for
· A untuk loop dapat berisi tindakan memperbarui beberapa, dipisahkan dengan koma juga Hal
v ini bahkan dimungkinkan untuk menghilangkan tubuh loop di jalan,
· namun, untuk loop hanya dapat berisi satu ekspresi Boolean untuk menguji loop akhir
Infinity loop
· While,do-while atau for loop harus dirancang agar nilai yang diujikan dalam ekspresi Boolean berubah dengan cara yang akhirnya membuat palsu, dan mengakhiri loop
· Jika ekspresi Boolean tetap benar, maka loop akan terus, mengakibatkan Loops infinite
v loop yang memeriksa kesetaraan atau ketidaksetaraan (== atau =)! sangat rentan terhadap kesalahan dan harus dihindari jika mungkin
Loop Bersangkar
· Loop dapat diulang, seperti Java lainnya Jika struktur bersarang, loop iterates dari awal hingga akhir untuk setiap iterasi loop tunggal dari luar
int rowNum, columnNum;
for (rowNum = 1; rowNum <=3; rowNum++)
{
for (columnNum = 1; columnNum <=2;
columnNum++)
System.out.print(" row " + rowNum +
" column " + columnNum);
System.out.println();
}
The break and continue Statements
· Pernyataan Break terdiri dari kata kunci yang diikuti oleh jeda koma
v Ketika dieksekusi, istirahat yang berakhir saklar terdekat atau pernyataan loop
· melampirkan resume terdiri dari laporan kata kunci yang terus diikuti dengan titik koma
v Ketika dieksekusi, pernyataan itu terus akhir loop arus tubuh iterasi loop
v Catatan terdekat melampirkan pernyataan yang di buat untuk loop, terus transfer ke pernyataan kontrol ekspresi memperbarui
· Bila laporan nested loop, ingat bahwa setiap istirahat atau terus berlaku untuk laporan terdalam, yang berisi pernyataan loop
Pernyataan berlabel break
· Ada jenis break, bila digunakan dalam sebuah loop bersarang, akhir loop masing-masing dapat berisi, tidak hanya loop loop terdalam
· Jika pernyataan dengan melampirkan berlabel Identifier, maka versi berikut laporan istirahat akan keluar loop diberi label, bahkan jika tidak loop terdalam melampirkan: istirahat someIdentifier;
· Untuk label lingkaran, cukup mendahuluinya dengan Identifier dan usus: someIdentifier:
Pernyataan Exit
· Pernyataan Break mengakhiri loop atau pernyataan switch, tetapi tidak akan mengakhiri
· pernyataan exit dari program akan segera mengakhiri program secepat itu disebut: System.exit (0);
· Pernyataan exit mengambil satu argumen integer Dengan tradisi, sebuah argumen nol digunakan untuk mengindikasikan akhir normal dari program
Loop bugs
· Dua jenis yang paling umum adalah kesalahan-infinite loop loop yang tidak diinginkan dan off-oleh-satu kesalahan
v sebuah-off dengan satu kesalahan adalah ketika loop loop mengulangi tubuh terlalu banyak atau terlalu sedikit satu kali
Ø biasanya merupakan hasil dari boolean ekspresi pengujian dirancang secara sewenang-wenang
· Penggunaan == dalam ekspresi Boolean untuk mengontrol dapat menyebabkan infinite loop atau kesalahan off-demi-satu jenis pengujian
v ini bekerja hanya untuk karakter dan bilangan bulat, dan tidak harus digunakan untuk floating-point
Pernyataan pelacakan
· Tracing variabel melibatkan menonton satu atau lebih variabel perubahan nilai ketika sebuah program sedang berjalan mungkin membuatnya
· lebih mudah untuk menemukan kesalahan dalam sebuah program dan debug mereka
· Banyak IDE (Integrated Development Environment) memiliki built-in variabel utilitas yang memungkinkan untuk dilacak tanpa membuat perubahan
· Cara lain untuk melacak program ini hanya memasukkan variabel output sedangkan pernyataan program System.out.println ("n =" + n); / / Jejak n Ketika kesalahan ditemukan dan diperbaiki, laporan mungkin sederhana jejak komentar
Pernyataan tuntutan
· pernyataan adalah kalimat yang mengatakan (negara bagian) sesuatu tentang keadaan pernyataan
v Sebuah program harus benar atau salah, dan harus benar jika program ini berfungsi dengan benar
v pernyataan dapat ditempatkan dalam program Java sebagai pernyataan komentar
· Java dapat memeriksa apakah benar menegaskan pernyataan Boolean_Expression;
v Jika Boolean_Expression memeriksa pernyataan ini dan menilai dan diaktifkan untuk palsu, program berakhir, dan output sebuah pernyataan gagal pesan kesalahan
v Jika tidak, eksekusi program selesai biasanya
· Sebuah program atau kelas-kelas lain yang berisi pernyataan yang disusun dengan cara yang biasa
· Setelah kompilasi, program dapat dijalankan dengan memeriksa pernyataan atau menonaktifkan
v biasanya sebuah program berjalan dengan memeriksa pernyataan off
v Untuk menjalankan program ini dengan memeriksa pernyataan ini diaktifkan, gunakan perintah berikut ini (menggunakan ProgramName aktual): java-enableassertions ProgramName
java –enableassertions ProgramName
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari pembahasan pada BAB II, penarik menarik kesimpulan bahwa :
1. Java dikenal sebagai bahasa pemrograman yang bersifat strongly, yang berarti diharuskan mendeklarasikan tipe data dari semua variable yang apabila lupa atau salah dalam mengikuti aturan pendeklarasian variable, maka akan terjadi error pada saat proses kompilasi.
2. Tipe data yang terdapat pada bahasa pemrograman Java pada umumnya tidak jauh berbeda dengan bahasa pemrograman lain seperti C, C++, Pascal, Basic, dan lainnya, yakni terdiri dari integer, floating point, char, dan boolean.
3. Aturan penulisan variabel pada bahasa pemrograman Java juga tidak jauh berbeda dengan bahasa pemrograman lain seperti C, C++, Pascal, Basic, dan lainnya, yakni harus diawali dengan huruf/abjad, karakter mata uang, dan underscore ( _ ) dan terdiri dari huruf/abjad, angka, dan underscore ( _ ), serta tidak boleh menggunakan kata-kata yang dikenal oleh bahasa pemrograman Java (keyword), seperti byte, case, int, dan lainnya.
4. Sama halnya dengan semua bahasa pemrograman, Java juga menyediakan operator-operator aritmatika untuk memanipulasi data numerik.
5. Selain operator aritmatika, Java juga mempunyai operator-operator lain, seperti operator increment dan decrement, operator assignment (penugasan), operator relasi, operator logical, operator bitwise (yang terdiri dari and, or, xor, dan complement), dan operator precedence.
B. SARAN
Dikarenakan cukup rumitnya bahasa pemrograman Java dan semakin banyaknya pesaing yang berkompetisi di bidang pemrograman Java, maka Penulis menyarankan kepada pembaca (khususnya pemula), untuk sejak dini mempelajari bahasa pemrograman tersebut.
tanks you
BalasHapustrma ksh
BalasHapusIjin Copy Bang
BalasHapus